KANKER: TAK KENAL MAKA TAK MENANG

Oleh: Saeful Anwar*

*) Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM Angkatan 2009

*) Staf Divisi HUBLU-IT BAPIN-ISMKI

Epidemiologi

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Hampir 12,7 juta terjadi kasus baru kanker dan menyebabkan 7,6 juta kematian di dunia pada tahun 2008. Kanker yang sering berkembang di negara maju dengan angka survival yang tinggi adalah adalah kanker prostate, kanker payudara, dan kanker kolorektal. Namun, beberapa kanker mempunyai angka survival yang rendah, seperti kanker liver, kanker lambung, dan kanker esophageal. Kanker dengan angka survival yang rendah ini sering dijumpai di negara-negara berkembang1.

Di Indonesia sendiri, prevalensi kanker mencapai 4,3. Prevalensi tertinggi terjadi pada Daerah Istimewa Yogyakarta yang mencapai 9,63, sedangkan Maluku menduduki prevalensi terendah yaitu sebesar 1,52.

Apa itu Kanker?

Kanker adalah suatu kelas penyakit dengan karakteristik terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Ada lebih dari 100 jenis kanker berbeda yang masing-masing diklasifikasikan berdasarkan sel yang terkena. Kanker dapat menjadi hal yang berbahaya atau malignan ketika dua hal di bawah ini terjadi:

  1. Invasi, sel kanker menyebar ke tubuh melaui sistem peredaran darah atau limfonodi menyebabkan perusakan pada sel yang sehat.
  2. Angiogenesis, sel kanker tumbuh dengan mengalami pembelahan dan membentuk pembuluh-pembuluh darah baru.

Ketika tumor berhasil menyebar ke organ lain dan tumbuh, menginvasi, kemudian menghancurkan jaringan yang sehat lainnya, ini disebut metastasis3.

Bagaimana Terjadinya Kanker?

Suatu sel dapat mengalami pertumbuhan yang tidak terkontrol apabila terjadi kerusakan atau mutasi pada DNA. Substansi yang secara langsung berpengaruh terhadap terjadinya kerusakan DNA  dan menyebabkan terjadinya kanker disebut karsinogen. Beberapa contoh karsinogen adalah: rokok, asbes, arsen, radiasi: sinar gamma dan X-ray, sinar matahari, dan asap knalpot3,4.

Siapa yang Berisiko?

Beberapa faktor risiko yang dapat memperngaruhi terjadinya kanker adalah perilaku orang-orang dengan: obesitas, kurang aktivitas fisik, kurang konsumsi sayur dan buah, konsumsi makanan yang diawetkan, konsumsi makanan berpenyedap, peminum alkohol, dan perilaku merokok2.

Bagaimana Gejala Kanker?

Gejala spesifik kanker sering tidak muncul, jadi orang-orang yang berisiko perlu dilakukan tes screening5.Selain itu, terapi kanker akan lebih mudah ketika kanker terdiognosis sejak stadium awal6. Gejala kanker berbeda tergantung tipenya, namun secara umum gejala yang sering muncul pada penyakit kanker adalah: bengkak pada bagian tubuh tertentu, perdarahan dari mulut, genital, atau anus, konstipasi atau diare persisten, kesulitan menelan atau berkemih, berat badan turun secara tiba-tiba, munculnya mole (spot hitam pada kulit), batuk kering dan serak tenggorokan yang persisten, serta rasa lelah yang kronis7,8.

Bagaimana cara pencegahannya?

Sepertiga dari semua kasus kanker dapat dicegah9. Pencegahan dilakukan dengan menghindari fakor-faktor risiko seperti yang telah di jelaskan di atas.

Bagaimana cara pengobatannya?

Treatmen dari kanker bergantung pada tipe kanker, stage (suda sebarapa jauh penyebarannya), usia, status kesehatan pasien, dan karakteristik perseorangan. Tidak ada treatmen tunggal untuk kanker, dan biasanya pasien mendapatkan kombinasi antara terapi dan perawatan paliatif. Treatmen yang biasa digunakan adalah: pembadahan, radiasi, kemoterapi, immunoterapi, terapi hormon, dan terapi genetik3.

Karena dampaknya yang dapat menyebabkan kematian, pemberantasan penyakit kanker sangat diperlukan. Bentuk pemberantasan yang nyata dalam hal ini adalah prevensi bagi yang belum terkena dan kuratif bagi yang sudah terkena. Terlepas dari itu semua, pengenalan lebih dini terhadap kanker perlu dilakukan untuk menentukan kebijakan intervensi maupun pengembangan riset selanjutnya, karena sekali lagi: kenali kanker dan menangkan dalam peperangan memberantasnya!

(DIVISI HUBLU-IT BAPIN-ISMKI)

Further reading:

  1. Globocan 2008 Cancer Fact Sheet. Available from: http://globocan.iarc.fr/factsheets/cancers/all.asp
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Peringatan Hari Kanker Se-dunia. Available from: http://www.depkes.go.id/index.php/berita/info-umum-kesehatan/149-peringatan-hari-kanker-se-dunia.html
  3. Medical News Today: What is Cancer? What Causes Cancer? Available from: http://www.medicalnewstoday.com/info/cancer-oncology/
  4. http://www.youtube.com/watch?v=LEpTTolebqo&feature=player_embedded#
  5. Emedicinehealth: Cancer Symptoms. Available from: http://www.emedicinehealth.com/cancer_symptoms/article_em.htm
  6. Signs and Symptoms of Cancer. Available from: http://www.macmillan.org.uk/Cancerinformation/Aboutcancer/Signssymptoms.aspx
  7. Signs and Symptoms of Cancer. Available from: http://menshealth.about.com/od/diseases/a/cancer_signs.htm
  8. The Cancer Cure Foundation: Cancer Symptoms. Available from: http://www.cancure.org/cancer_symptoms.htm
  9. WHO: Cancer. Available from: http://www.who.int/cancer/prevention/en/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s