Temilnas 2010

Temu Ilmiah Nasional 2010 dilaksanakan di FK Unjani pada tanggal 24-30 Juli 2010. Tahun ini tema yang diangkat mengenai emerging-reemerging disease.

Emerging disease adalah penyakit yang belum pernah menyerang manusia sebelumnya; penyakit yang pernah menyerang manusia sebelumnya namun hanya mengenai populasi kecil dan terisolasi; penyakit yang pernah menyerang manusia sebelumnya tapi baru teridentifikasi sebagai penyakit yg disebabkan oleh suatu agen infeksi.

Kasus Flu Burung dalam perkembangan, bukan menyerang pada unggas saja, tetapi juga menyerang manusia. Pada Tahun 1997, 18 orang di Hongkong diserang flu burung, 6 orang meninggal dunia. Sementara data WHO yang telah dikonfirmasi untuk tahun 2003 di Vietnam ditemukan tiga kasus pada manusia dan ketiganya meninggal dunia ( angka kematian 100 % ), tahun 2004 kasus di Vietnam bertambah 29 kasus ( 20 meninggal ), ditahun yang sama negara Thailan ada kasus Flu Burung pada manusia sebanyak 17 penderita (12 Penderita meninggal dunia). Tahun 2005 : Vietnam 61 penderita (19 Meninggal Dunia), Indonesia 16 Penderita (11 meningal Dunia), Thailan 5 penderita ( 2 Meninggal Dunia ), China 7 penderita ( 3 Meninggal Dunia ), Kamboja 4 penderita ( 4 meninggal dunia ) dan Turki 2 penderita dan keduanya meninggal dunia.

Sementara penyebaran virus tersebut pada manusia di Indonesia sejak bulan Juli Tahun 2005 hingga 12 April 2006 telah ditemukan 479 kasus kumulatif yang dicurigai sebagai flu burung pada manusia, dimana telah ditemukan 33 kasus konfirm flu burung, 24 diantaranya meninggal dunia. 115 Kasus masih dalam penyelidikan (36 diantaranya meninggal dunia), sementara yang telah dinyatakan bukan flu burung sebanyak 330 kasus.

Re-emerging disease adalah penyakit yang sebelumnya pernah menjadi masalah kesehatan utama secara global atau di suatu negara, lalu menurun secara dramatis, tapi kembali menjadi masalah kesehatan yang cukup signifikan pada suatu populasi.

Jumlah penderita Tuberculosis (TBC) di Indonesia menempati posisi nomor tiga terbesar di dunia setelah India dan China. Dengan angka insiden (kasus baru) sebesar 107 per 100 ribu penduduk

Besarnya angka penderita TBC ini selain karena faktor jumlah penduduk yang cukup besar yakni 210 juta jiwa, juga karena prevalence rate (kasus penderita lama yang baru ditemukan) juga lumayan besar, yakni 160 per 100 ribu penduduk.

Selain itu masih banyak lagi penyakit emerging dan re-emerging di Indonesia yang memerlukan perhatian dan penanggulangan lebih lanjut agar angka kesakitan dan kematian dapat diturunkan, bahkan agen infeksi penyebabnya bisa dikendalikan.

Kegiatan Temilnas 2010 terdiri dari beberapa rangkaian acara. Kegiatan yang akan dilakukan terdiri dari simposium, fieldtrip, dan berbagai lomba.

One thought on “Temilnas 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s